Diberdayakan oleh Blogger.

Selasa, 28 Mei 2013

Rumus-Rumus Standar di Microsoft Excel

Dalam penggunaan Program Microsoft Excel, Pasti tidak lepas dari penggunaan rumus/formula karena Microsoft Excel memang dirancang untuk pengolahan data. Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan penjelasan mengenai rumus-rumus standar dalam excel. Rumus Standar yang kami maksud adalah rumus-rumus yang paling sering digunakan karena memang merupakan rumus-rumus dasar yang wajib dikuasai, diantaranya:

Rumus Penjumlahan
Rumus Pengurangan
Rumus Perkalian
Rumus Pembagian
Rumus Rata-Rata

Berikut penjelasan mengenai rumus-rumus standar selengkapnya:
1.Rumus Penjumlahan.
Rumus Penjumlahan adalah rumus yang bisa dikatakan paling sering digunakan dalam pengolahan data diprogram Microsoft Excel. Dalam penggunaan rumus penjumlahan kita punya dua pilihan, bisa menggunakan Operator (+) atau menggunakan Fungsi SUM.
Contoh: pada sel A2 masukkan angka 100 dan pada sel B2 masukkan angka 150, kemudian pada sel C3 masukkan rumus = A2+B2 kemudian ENTER. maka hasilnya adalah 250. Sekarang coba ganti rumus pada sel C3 menjadi seperti ini =SUM(A2:B2) kemudian ENTER, maka hasilnya akan sama 250.



Mungkin dalam hati Anda ada yang bertanya: "Lebih baik pakai formula SUM atau '+'?" Sebenarnya dua-duanya sama-sama baik, penggunaan operator (+) tentu akan mudah di ingat terutama bagi pemula yang baru menggunakan program Microsoft Excel tapi kelemahannya jika jumlah data yang harus di jumlah terlalu banyak misal A1-A100 maka rumusnya akan terlalu panjang seperti A1+A2+A3... sampai +A100, beda dengan penggunaan formula SUM, kita cukup menuliskan rumus =SUM(A1:A100), lebih sedikit penulisan rumusnya dan tentunya akan menghemat waktu.

2.Rumus Pengurangan.
Selain Rumus penjumlahan, rumus yang paling banyak digunakan lainnya adalah rumus pengurangan.
Cara menggunakan rumus pengurangan Kita bisa menggunakan operator (-).
contohnya pada sel A2 masukkan angka 150 dan pada sel B2 masukkan angka 100, kemudian pada sel C3 masukkan rumus = A2-B2 kemudian ENTER hasilnya 50.



3.Rumus Perkalian.
Ada 2 cara dalam menggunakan rumus Perkalian di program Microsoft Excel, pertama menggunakan operator (*) dan yang kedua menggunakan formula PRODUCT.
Contoh: pada sel A2 masukkan angka 25 dan pada sel B2 masukkan angka 5, kemudian pada sel C3 masukkan rumus = A2*B2 kemudian ENTER hasilnya 125.
Sekarang coba rubah rumus pada C3 menjadi =PRODUCT(A2:B2) maka hasilnya akan sama 125.



4.Rumus Pembagian.
Untuk melakukan pembagian data dalam microsoft Excel caranya adalah dengan menggunakan operator (/)
Contohnya: pada sel A2 masukkan angka 125 dan pada sel B2 masukkan angka 5, kemudian pada sel C3 masukkan rumus = A2/B2 kemudian ENTER hasilnya 25.



5.Rumus Rata-Rata.
Untuk mengetahui jumlah rata-rata dengan MIcrosoft Excel caranya sangat mudah yakni dengan menggunakan formula AVERAGE
Contohnya seperti gambar dibawah ini:



Itulah rumus-rumus yang sering digunakan dalam penggunaan program Microsoft Excel, jika ada yang masih belum dipahami jangan malu untuk bertanya, silahkan lewat komentar.
Microsoft Excel
Cara Menggunakan Fungsi Logika di Microsoft Excel
Penanganan Pesan Kesalahan (Error) Pada Excel

0 komentar:

Poskan Komentar